by

Ada Rentenir di Kebun JRU PTPN I  Langsa

-Ragam-1,093 views

KPK | Aceh Timur – Praktik atau usaha pinjaman uang secara ilegal dengan suku bunga bervariasi atau disebut ‘rentenir’ ada di kebun  PTP-N I Julok Rayeuk Utara (JRU), anehnya praktik ini dikelola langsung oleh manager kebun setempat, Gufron.

Informasi yang berhasil dihimpun,  Jumat 13/9/2019 menyebutkan,  praktik ‘ rentenir ‘  dengan konsumen khusus kontraktor rekanan di kebun JRU tersebut sudah berlangsung lama. 

Manager Kebun JRU,  Gufron kepada media ini berdalih uang yang dipinjamkan kepada rekanan pengangkut TBS dan lansir TBS sawit untuk membantu uang jalan para supir truk dengan jumlah sesuai kebutuhan supir atau rekanan. 

Dari pinjaman tersebut Gufron menetapkan suku bunga dalam dua versi,  versi pertama suku bunga dua persen untuk pinjaman dalam jangka waktu dua bulan,  dan bunga lima persen untuk jangka waktu pinjaman diatas dua bulan. Gufron juga membenarkan praktik ‘rentenir’ di kebun JRU tersebut dikelolanya,  begitu juga dengan suku bunga dalam dua versi turut dibenarkannya  sejak Ia menjabat sebagai manager di kebun JRU.

Gufron menambahkan,  yang dilakukanya untuk membantu  rekanan demi kelancaran operasional  pengangkutan TBS dan Lansir TBS.  menurutnya uang yang digunakan untuk usaha ‘rentenir’ ini milik mantan karyawan PTP-N bernama Sutris,  sehingga harus dikenakan bunga bagi sipeminjam.

” Benar saya ada kelola pinjaman uang untuk membantu kontraktor rekanan, ini semata untuk kelancaran rekanan dan menyelamatkan hasil panen kebun “. Kata Gufron

Sementara itu Humas PTP-N I Langsa,  Dedi mengaku baru mengetahui adanya usaha ‘rentenir’ yang dijalankan oleh manager kebun JRU saat dikonfirmasi wartawan. “Saya baru tau informasi ini,  saya konfirmasi dulu ke yang bersangkutan “. Kata Dedi singkat.  (ism)

News Feed