by

Pembangunan Infrastruktur Desa Sawojajar Tunjang Produktifitas Warga Hasilkan Produk Unggulan

-Ekonomi-559 views

Koranpemberitaankorupsi.com | Lampung Utara – Desa Sawojajar, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara realisasikan pembangunan infrastruktur melalui pendapatan desa, salah satu diantaranya melalui serapan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019, dengan menyelesaikan sejumlah delapan unit pekerjaan.

Disampaikan Kepala Desa Sawojajar, Mulyanto, dari total anggaran pendapatan desa sejumlah Rp.2.448.720.487,- di tahun 2019, dan sejumlah Rp.1.241.103.071,- bersumber dari serapan Dana Desa.

“Di tahun 2019 ini, keseluruhan pendapatan desa yang bersumber dari pendapatan asli desa (PA Desa), serapan Dana Desa (DD), alokasi dana desa (ADD), serta bantuan provinsi, telah direalisasikan dalam bidang pembangunan infrastruktur, juga dalam bentuk pembelanjaan desa,” kata Mulyanto, saat diwawancarai awak media , Rabu, (11/9/2019), di ruang kerjanya.

Dikatakannya, Desa Sawojajar telah menyelesaikan pembangunan/rehab kantor desa, peningkatan jalan pemukiman, peningkatan jalan usaha tani, pembangunan siring pasang, pembangunan sumur bor sebanyak 8 unit, pembangunan sanitasi pemukiman, pembuatan nomor rumah, serta pengadaan mobil ambulan.

“Hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan pihak kecamatan belum lama ini, Desa Sawojajar tidak ditemukan hal-hal yang bersifat mengurangi nilai dari pekerjaan yang telah diselesaikan,” terang Mulyanto.

Dijelaskan lebih lanjut, seluruh pembangunan yang dilaksanakan tersebut merujuk pada hasil musyawarah rencana pembangunan desa yang dituangkan dalam RAPBDesa tahun anggaran 2019.

“Hasilnya cukup signifikan dengan perencanaan yang telah disusun. Itu semua tentu demi memajukan serta meningkatkan kesejahteraan warga secara menyeluruh,” terang Mulyanto.

Dirinya menegaskan akan terus melakukan pembenahan serta pembangunan guna menunjang taraf hidup masyarakat Desa Sawojajar sehingga mampu menghasilkan produk-produk unggulan yang berdaya saing tinggi dengan daerah lainnya.

“Ketercapaian pembangunan infrastruktur di Desa Sawojajar tentunya untuk menunjang produktifitas warga dalam menghasilkan berbagai produk unggulan guna meningkatkan taraf hidup yang lebih sejahtera,” pungkasnya. (Hamsah)

News Feed