by

Camat Kotabumi Utara Lakukan Monitoring dan Evaluasi ke Desa

-Daerah-1,386 views

KPK | Lampung Utara – Pemerintah kecamatan kotabumi Utara (LAMPURA) dan rombongan dari Kecamatan Kotabumi Utara melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan pembangunan desa yang ada Di Kecamatan Kotabumi Utara.

Camat Kotabumi Utara, ‘Doni ferwari Fahmi. saat Kompirmasi media ini senin 09/09/2019. mengatakan, “dalam menindak lanjuti intruksi Bupati Lampung Utara, Agung ilmu Mangku Negara.S.stp.,MH. kegiatan rutin Monev dimaksudkan untuk mengecek pembangunan fisik yang sudah dilaksanakan pemerintah desa masing-masing.

Kegiatan tersebut juga diikuti , Kasi Pembangunan kecamatan KBU , Kasi perintahan dan Pendaping Desa kecamatan Kotabumi utara , pendamping Lokal desa, dan Kepala Desa margorejo, Kepala desa kalicinta, berikut Seluruh perangkat Desa, monitoring kali ini di Desa Margorejo, dan Desa Kalicinta

“Monitoring dan evaluasi ini salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan per undang undangan yang berlaku,” kata Doni Ferwari Fahmi. Sekalu camat Kotabumi Utara.

Kepala desa Margo rejo, Andi S. Sangat Berterima kasih atas kunjungan Rombongan Tim Monitoring dari Kecamatan kotabumi utara ” kami dari desa sangat Berterima kasih kepada pihak Kecamatan, karena dari kecamatan adalah titik awal dari pembinaan kami di desa, artinya sebelum ada tindak lanjut pemeriksaan dari inspektorat dan lain nya kami sudah mengetahui apabila ada kekurangan dan kesalahan maka kami dari desa bisa segera memperbaiki nya, ujar Andi S.

Terpisah Kepala desa Kalicinta, Suparno mengatakan, “Semakin banyak pengawasaan dari pihak kecamatan, kemungkinan semakin sedikit kekeliruan dan kesalahan kami di desa.

Sementara itu, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur, M. Muslim mengatakan, pelaksanaan monev untuk memastikan bahwa proyek pembangunan tidak hanya selesai pada pelaksanaan pengerjaan.

“Kami melakukan kunjungan lapangan, untuk memastikan pelaksanaan kegiatan pembangunan apapun juga benar-benar dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan, sekaligus untuk mendorong/memotivasi warga agar mereka mau berpartisipasi/gotong royong membantu dan mengawasi pelaksanaan pembangunan,” katanya.

Sementara itu, Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Kotabumi , Firmansyah mengatakan, selain melaksanakan monev realisasi DD, mereka bersama Pemerintah Kecamatan melakukan pendampingan dan fasilitasi desa.

“Di antaranya telah dilakukan fasilitasi penyusunan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa tentang Perencanaan dan Penganggaran Desa,” katanya.

Selain itu, fasilitasi administrasi tata pemerintahan desa, pengelolaan keuangan desa, pelaksanaan tugas kepala desa dan perangkat desa, pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa, sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dengan pembangunan desa, pengukuran Indeks Desa Membangun dan koordinasi pendampingan desa di wilayah Kecamatan Kotabumi Utara. (Hamsah)

News Feed