by

Kepala SDN I Kayubatu Way Kanan Tarik Dana Wali Murid

-Pendidikan-1,528 views

KPK | Way kanan – aksi pungutan liar terus terjadi menimpa sejumlah wali murid di Sekolah Kabupaten Way Kanan.

Salah satunya, dilakukan Kepala sekolah bersama ketua Komite sekolah dasar negeri 1 Kayu Batu, Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan baru-baru ini.

Aksi ini mencuat karena beberapa walimurid membenarkan adanya pungutan biaya ditengah ajaran baru tahun 2019.

Mulai biaya seragam baru, yakni seragam batik,olah raga dan biaya pembuatan pagar kini juga kepala sekolah dan komite meminta dana pembangunan pagar dengan total anggaran keseluruhan Rp 230.000/ siswa.

Ketua Kowappi Way Kanan Rahmat menjelaskan bahwa dirinya mendapat keluhan tersebut. Menurut dia pungutan itu dilakukan ke seluruh siswa SDN1 Kayu Batu dari kelas I hingga VI.

“Kami diberikan bukti pembayaran pungutan tersebut. Kami tentunya geram melihat kejanggalan ini. Setelah kami mendapatkan keterangan langsung dari kepala sekolah yang dimaksud akan kami laporkan ke pihak saber pungli atau pihak hukum Way Kanan dan Dinas Pendidikan Way Kanan,”tegas Rahmat, Jum’at (6/9/2019).

Terpisah, saat ditemui Kepala SDN I Kayu Batu Ismanto, membenarkan adanya pungutan tersebut. Dan menurutnya bila perbuatanya itu salah maka ia sanggup memulangkan dana pengutan tersebut kembali ke walimurid.

“Jika salah duitnya masih utuh kok nanti saya pulangkan,”tegasnya di kediamnya.

Saat disinggung, bahwa seharusnya komite dan pihak sekolah tidak membebani walimurid. ia berdalih semua itu juga sudah melalui rapat.

“Ya kalau baju itu semua sekolahan sama pak. kalau pagar itu komite. tapi kalau itu gak masalah saya bertujuan untuk memajukan sekolah setempat,”tandasnya. (Sam’un)

News Feed