by

Menjalin Silaturrahmi Karutan Kelas IIB Kotabumi Adakan Gowes Bareng

-Berita-465 views

KoranPemberitaanKorupsi.com | Lampung Utara – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kotabumi menggelar gowes bareng. Gowes bareng yang digagas Rutan Kotabumi tersebut dalam rangka menjalin silturahmi antara Rutan, Lapas, Forkopimda dan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Rutan setempat.

Kegiatan diikuti oleh Wakil Bupati Lampung Utara Budi Utomo, Dandim 0412, Kapolres Lampung Utara, Ketua Pengadilan Negeri Kotabumi, Kalapas, Kepala Kantor Agama LU, Kadis Pora, Kadis Sosial, Ketua Giwoser LU bersama team dari berbagai goweser Lampung Utara.

Kegiatan mengambil rute dan star dari Rutan Kotabumi finish kembali ke rutan. Setelah kegiatan gowes acara dilanjutkan pemberian motivasi kepada tahanan dan narapidana sebayak 400 orang oleh Wakil Bupati, Kapolres dan Dandim 0412 LU.

“Untuk memastikan para penghuni rutan nyaman dan selalu aman, maka saya melihat secara langsung keberadaan mereka dan saya memberikan motivasi. Sebab, sesungguhnya di tempat ini adalah bagian dari pembinaan. Dan saya berkomitmen dengan kepala Rutan Kotabumi untuk membangun pola pembinaan di rutan ini lebih manusiawi,” ujar Wakil Bupati Budi Utomo.

Artinya, sambung wabup, walaupun mereka hidup di balik jeruji besi, harus mendapat pembinaan dan pembelajaran yang positif. Tujuannya, ketika mereka kembali di tengah-tengah masyarakat, maka mereka telah siap dengan berbagai keterampilan yang diperoleh dari Rutan Kotabumi.

“Masyarakat di sini, walaupun dibatasi dengan tembok, dibatasi dan berbagai aturan, itu dalam rangka membina. Tetapi jangan sampai mereka merasa tidak bisa berinteraksi. Di tempat ini, mereka diberi keleluasaan untuk bisa berkarya dalam bidang sosial keagamaan, keterampilan, bahkan dalam hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan,” jelas wabup.

Sementara Kepala Rutan Kelas II B Denial Arif mengatakan kegiatan tersebut dilakukan selain untuk menjalin silaturahmi juga untuk mensuport warga binaan. Mereka bisa berinteraksi dengan petugas rutan.

“Kunjungan wakil bupati ke rutan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami dan warga binaan rutan. Kami bangga dengan beliau, yang mau melihat secara langsung rakyatnya di Rutan,” imbuhnya. (Alam/ Hamsah)

News Feed