by

Hendak Tawuran Puluhan ABG Diamankan Polres Tanjung Perak Surabaya

-Hukam-1,223 views

KPK | Surabaya – Dua kubu pemuda yakni Aliansi Jawara Kampung dan All Star, terlibat saling ejek di media sosial dan nyaris saja bentrok setelah janjian tawuran di Jalan Jakarta, Surabaya.

Puluhan anak baru gede (ABG) itu bertemu pada, Minggu (1/9/2019) dini hari. Beruntung anggota Polres Tanjung Perak dapat mencegahnya.

Akhirnya, puluhan anak bawah umur itu sehingga tawuran tak terjadi. Saat diamankan, ABG itu sudah membekali dirinya dengan berbagai jenis senjata tajam, gesper, batu, besi, bahkan sekop.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto mengatakan, angota yang melakukan patroli, saat itu memergoki ratusan anak dari kelompok Aliansi Jawara Kampung di Jalan Gresik.

Puluhan ABG itu diketahui membawa senjata tajam dari berbagai jenis.

“Petugas melihat segerombolan anak di bawah umur, dan saat itu mereka membawa senjata tajam,” sebut Agus Rahmanto, Minggu (1/9/2019).

Saat itu juga mereka diamankan. Petugas kemudian melakukan penyisiran dan mendapati kelompok All Star di Jalan Jakarta Timur

Seperti Kelompok Jawara Kampung, Kelompok All Star juga sudah membekali dirinya dengan senjata tajam.

“Mereka akhirnya diamankan untuk dibawa ke Mapolres, bahkan diantaranya masih sekolah kelas 4 SD,” tambah Agus Rahmanto.

Lanjut Kapolres, kedua kelompok yang masih di bawah umur itu sebagian datang dari luar Surabaya dan datang hanya untuk tawuran.

Dugaannya, dipicu saling ejek di media sosial. Selain Surabaya, mereka datang dari Gresik dan Sidoarjo.

Salah satu ABG yang diamankan mengaku kepada petugas, mereka sepakat tawuran di Jalan Jakarta Barat, seberang Pos Polisi Lalu Lintas.

Meski tidak diproses secara pidana, petugas akan memanggil orang tua masing-masing, serta berjanji tidak mengulangi perbuatannya.

Mereka juga diminta agar menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama. ( Redho Fitriyadi )

News Feed