by

Perkuat Eksistensi, SMSI Lampura Rakor dengan Pengurus Provinsi Lampung

-Ragam-620 views

KoranPemberitaaanKorupsi.com | Bandar Lampung – Guna meningkatkan eksistensi dan koordinasi, pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Lampung Utara hadiri Rapat Kerja bersama jajaran pengurus SMSI Provinsi Lampung.

Rapat kerja tersebut membahas berbagai problematika dan penguatan lembaga SMSI guna melakukan sinergisitas dengan stakeholders yang dipusatkan di Warkop WAW, Kecamatan Waykandis, Bandarlampung, Jumat (30/8/2019).

Sekretaris SMSI Provinsi Lampung, Juniardi, mengatakan, SMSI adalah untuk menjadi pengurus SMSI di tingkat kabupaten, wadah ini esensinya bagi para pemilik atau owner media yang memiliki badan hukum atau dengan pengecualian.

“Pengecualian yang dimaksud, yakni sosok yang mendapatkan mandat penuh untuk mengondisikan SMSI di kabupaten. Meski dirinya bukan seorang owner, akan tetapi mendapat mandat penuh, maka dirinya memiliki tugas dan kewajiban menjalankan manajemen organisasi SMSI di kabupaten,” beber Juniardi yang juga Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan PWI Provinsi Lampung, Jum’at, (30/8/2019), saat membuka rapat kerja dan koordinasi dimaksud.

Dirinya juga menyampaikan, tugas pokok SMSI di tingkat kabupaten untuk memperkuat proses verifikasi media yang ada di daerah juga menjaring komunikasi dengan stakeholders.

“Kami pengurus provinsi berharap ini bisa cepat diakomodir di daerah. Sehingga, dapat memperlancar kinerja. Yang perlu diperkuat adalah SMSI merupakan wadah media, bukan organisasi profesi. Jadi, lebih kepada penguatan media untuk menjalin kerja sama,” kata dia.

Senada, Ketua SMSI Provinsi Lampung, Donny Irawan, menyampaikan, kepengurusan di tingkat Provinsi Lampung adalah salah satu rujukan kepengurusan se-Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya penguatan terhadap keberadaan di daerah.

“Jadi yang utama adalah penguatan ke dalam terlebih dahulu. Pengurusan harus memiliki komitmen kuat dan jelas. Sehingga, ke depan, dapat menjalankan organisasi sesuai tugas pokoknya,” terangnya.

Menurut Doni, dengan beban tugas sebagai kepanjangan tangan pusat dalam proses verifikasi dan menjalin kerja sama di daerah, harus bekerja ekstra. Terkhusus bagi mereka yang telah ada dalam struktur kepengurusan.

“Kita siap membantu proses pengurusan administrasi, meski itu belum diterapkan sepenuhnya saat ini. Khususnya masalah verifikasi Dewan Pers. Bagi yang belum ayo sama-sama lengkapi. Sehingga dapat terakomodir bila ada perubahan nomenklatur terkait kerja sama dengan berbagai pihak terkait,” tambahnya.

Dan kepada pengurus daerah, Doni berharap dapat lebih mengenalkan keberadaan organisasi Serikat Media Siber Indonesia. Sehingga eksistensinya dapat dikenal luas dan keberadaannya semakin mendapatkan tempat.

Di tempat yang sama, Wakabid Organisasi SMSI Provinsi Lampung, Ayatullah Dolof menambahkan ada wacana di tingkat pusat, yakni DKI Jakarta adalah proses verifikasi media. Sebagai kepanjangan tangan pusat, daerah akan memiliki fungsi serupa. Dengan melibatkan kepengurusan di Provinsi, sehingga dapat membangun keberadaannya disana.

“Itu yang paling vital tugas kita, yakni menjadi kepanjangan tangan dalam proses verifikasi media meski masih dalam bentuk informal. Tapi berharap kepada pengurus itu dapat memperkuat keberadaan medianya, sehingga bila ada perubahan dapat cepat diakomodir,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan itu, jajaran pengurus SMSI Provinsi Lampung, Ketua SMSI Lampura, Ardiansyah, Ketua SMSI Lamsel, Vivo Trialito, serta jajaran pengurus kabupaten/kota lain. (Rilis/ Hamsah)

News Feed