by

Aksi Dukungan Program Bursa Inovasi Desa Cluster II Aceh Utara

-Daerah-761 views

KPK | Aceh Utara, Aceh – Acara Bursa Inovasi Desa tahun 2019 lebih menarik dari tahun sebelumnya di 2018, dimana semangat berinovasi para Geuchik semakin besar, setelah ditahun sebelumnya sempat disibukkan dengan pro dan kontra benih padi IF8 hasil dari BID yang sempat viral di berbagai media. BID kali ini dilaksanakan di setiap Kecamatan, ada juga dilaksanakan dengan gabungan kecamatan yang dikenal dengan istilah CLUSTER.

Alhamdulillah Untuk Cluster II kami melaksanakan dengan gabungan 2 kecamatan yaitu Kecamatan Nibong dan Syamtalira Aron.

Bursa Inovasi Desa yang hari ini yang di ikuti oleh yang pertama panitia pelaksana Yang terdiri dari PD dan PLD serta ketua dan Anggota TPID Kecamatan Nibong dan Syamtalira Aron, kemudian perwakilan dari pemerintahan desa 3 orang perdesa yakni geuchik, Tuha Peut dan Perwakilan perempuan yang terdiri dari 54 desa yang berjumlah 162 orang.

Kemudian berikutnya bahwasanya pelaksanaan acara Bursa Inovasi Desa ini bersumber dananya dari Dana Operasional Kegiatan DOK TPID Kecamatan Nibong dan Syamtalira Aron sehingga Alhamdulillah dapat terlaksana dengan Lancar.

TPID kecamatan Nibong dan Syamtalira Aron Mengharapkan kepada seluruh Geuchik dan juga Tuha Peut bahwasanya program inovasi desa ini tidak akan berhasil secara sempurna tanpa dukungan dari bapak Geuchik dan juga tuha peut, mohon nanti ketika kita sudah memilih apa yan menjadi inovasi desa kita, apa yang menjadi kesepakatan kita bersama dengan dipandu Oleh rekan-rekan Dari PD dan PLD agar dapat direalisasikan dalam APBG tahun 2020 di Gampong kita masing-masing.

BID dapat diukur sejauhmana gampong bekomitmen terhadap ide-ide inovatif kreatif yang dibelanjakan melalui bursa inovasi desa untuk direlikasi dan mendanainya melalui APBG di tahun 2020 nanti.

Semoga BID bukan sekadar kegiatan seremonial saja. BPM yang mengintruksikan kepada kades, atau pun kedepan ada Perbup, supaya memasukkan inovasi desa dalam APBG.

Mari sama-sama kita bangun dan majukan gampong kita menuju Gampong yang mandiri dan inovatif.

Asisten 1 Sekda Aceh Utara Dayan Albar Dalam Sambunnya Mengatakan,  Bursa Inovasi Gampong ini merupakan upaya strategis pemerintah terutama Kementrian Desa, untuk meningkatkan kualitas kegiatan yang ada di desa, khususnyan yang dianggarkan oleh Desa didalam Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) di Gampong masing-masing. dimana APBG yang berkualitas tentunya akan membuat banyak perubahan mendasar dalam masyarakat.

Bursa Inovasi Desa (BID) adalah salah satu model pengelolaan Pengetahuan Dan Inovasi Desa (PPID) mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Gampong, serta media belajar bagi Gampong untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan Gampong.

Bursa Inovasi Desa dilaksanakan untuk membantu Gampong dalam meningkatkan kualitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa.

Kiranya lewat Bursa Inovasi Desa dapat menjembatani kebutuhan pemerintah Gampong akan solusi bagip penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan gampong dalam rangka penggunaan dana Desa yang lebih efektif dan inovatif, sehingga lebih berkomitmen membangun Gampong. Tentunya dengan meningkatkan program yang lebih bermakna untuk membangun gampong.

Bursa inovasi gampong kiranya dapat Terlaksana dengan baik dan lancar sesuai yang diharapkan.

Sehingga apa yang didapat pada acara tersebut dapat diimplementasikan di gampong masing-masing sesuai dengan potensi sumber daya yang ada.

Atas nama pemerintah kabupaten Aceh Utara saya berharap melalui bursa inovasi ini pembelajaran pembelajaran inovasi desa ini dapat dengan benar-benar menyiarkan fakta sosiologis, upaya-upaya desa dalam membangun keberdayaan perikehidupan Nasional dari pinggir, sehingga kepercayaan publik kepada desa semakin menebal karena kemampuan Desa membangun serta menjaga kepercayaan negara dalam bentuk limpahan kewenangan dan subsidi.

Semoga suatu hari anak cucu kita dapat mereguk manisnya buah inovasi yang kita tanam dari benih-benih inovasi negeri sendiri.

News Feed