by

Istilah “Kipas” Bandit Jalanan Ini Dilumpuhkan Timah Panas

-Hukam-620 views

KPK | Surabaya – Satu lagi pelaku yang merupakan kelompok spesialis jambret sadis dengan sasaran rata-rata perempuan ditangkap oleh Unit Jatanras Polrestabes Surabaya.

Bahkan, karena melawan ketika akan ditangkap Polisi menghadiahi timah panas mengenai kaki kiri pelakunya.

Pelakunya yang ditangkap, Selasa (27/8/2019), diketahui bernama, Faisol Arifin (33) warga Jalan Boto Putih GG II, Surabaya. Beberapa rekan pelaku ini sebagian telah diamankan dan kini menjalani tuntutan hukum.

Dalam beraksi, pelaku sebanyak 3 orang laki-laki dengan mengendarai sepeda motor dan salah satu pelaku menarik kalung emas yang korban pakai, serta merusak kunci motor dan merusak kunci gembok pagar jika melakukan pencurian

Kanit Jatanras, Iptu Giadi Nugraha mengatakan, pelaku ini dalam intrograsi telah mengakui sebanyak 2 kali melakukan penjambretan di Taman Hanko dan Kembang Jepun, Surabaya.

“Sementara untuk Curanmor, dia sudah sebanyak 7 kali beraksi baik di Surabaya maupun Sidoarjo,” sebut Giadi Nugraha, Rabu (28/8/2019).

Pelaku juga mengakui jika merupakan kelompok spesialis jambret yang disasar rata-rata perempuan sedang sendirian dengan mengenakan perhiasan, tas dan HP.

Sindikat pelaku ini bekerja bersama-sama dengan mengendarai sepeda motor masing-masing dan berperan masing-masing. Satu pelaku berperan sebagai eksekutor dan lainnya sebagai “Kipas” (Pembuka jalan).

Lanjut Giadi, Unit Jatanras berhasil mengungkap kasus ini diawali dengan analisa CCTV dan olah TKP, serta intrograsi para korban dengan menyebutkan ciri-ciri pelaku dan sarana yang digunakan.

Dari pelaku ini juga diamankan, Kunci model T, Sarana motor Vario warna putih serta hasil rekaman CCTV. Dia akan dijerat Pasal 365 KUHP dan 363 KUHP. ( Redho Fitriyadi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed