Published On: Sat, Jul 13th, 2019

Upacara Pelepasan Purna Bakti, Diarak Becak Kelilingi Lapangan Polda Jatim

Share This
Tags

KPK | Surabaya – Sebanyak 103 polisi yang selama ini berdinas di Polda Jatim, dilepas dalam upacara pelepasan purna bhakti dalam rangka Hari Bhayangkara ke 73, di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Jumat (12/7/2018). Polda Jatim juga memberikan penghargaan kepada 103 Polri itu.

Mereka dilepas oleh Irwasda Polda Jatim, Kombes Pol Sutardjo. Ia menyebut ada sebanyak 1.298 anggota Polri yang purna bhakti di seluruh Jawa Timur. Sedangkan 103 anggota Polri yang dilepas tersebut, sehari-hari berdinas di Polda Jatim.

“Kalau di Jawa Timur 1.298 (Polri purna tugas). Yang diupacarakan hari ini 103, karena masing masing polres juga menyelenggarakan,” kata Sutardjo.

Setelah upacara selesai, para peserta wisuda purna bhakti menaiki becak mengelilingi lapangan Mapolda Jatim.

Sutardjo menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-73 dan merupakan agenda yang diselenggarakan setiap tahun.

“Kita memberikan penghargaan terakhir ke purnawirawan yang pernah bertugas di Polda Jatim,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud terima kasih kepada anggota Polri yang telah bertugas dan mengabdi di Polda Jatim.

“Kita mengingatkan mereka untuk kembali ke masyarakat,” tuturnya.

Menurut Sutardjo, kembali ke masyarakat berarti berkumpul dengan masyarakat serta keluarga. Berperan aktif dalam lingkungannya masing-masing untuk berperan sesuai keahliannya selama ini sebagai anggota Polri.

“Karena selama ini kan mereka biasa tugas aktif. Sekarang berkumpul dengan keluarga masyarakat. Pensiun bukan berarti selesai tugas, mereka tetap mengabdi sesuai dengan keahlian masing-masing di masyarakat nantinya,” pungkasnya. (Redho Fitriyadi)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi