Published On: Fri, Jun 14th, 2019

Baznas Biak Numfor Siapkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi

Share This
Tags

KPK | Biak, Papua – Badan Amil Zakat Nasional atau yang di singkat BAZNAS Kabupaten Biak Numfor Papua sedang menyiapkan beasiswa bagi 30 siswa berprestasi, khususnya bagi siswa yang keluarganya kurang mampu. Berikut penuturan ketua Baznas.

“Bagi siswa berprestasi yang kurang mampu, akan kami perhatikan mulai dari Jenjang Pendidikan Dasar, SLTP, SMA dan SMK.

Baznas Biak Numfor sementara sedang melakukan pendataan kepada para siswa dan siswi yang berprestasi untuk di mendapatkan beasiswa nantinya.

Maksud dan tujuan pemberian Zakat,  adalah agar memberikan dorongan dan semangat bagi para siswa-siswi supaya bisa lebih giat lagi, bertekun dalam belajar dan semakin disiplin dalam tanggung jawabnya.

Yaitu sebagai seorang pelajar, demi tercapainya cita-cita dan impian dari mereka.” Ungkap Ketua Baznas Biak Numfor, Dr. Muslim Lobubun SH, di Biak (Kamis 6/6/19).

Dr. Muslim Lobubun SH, yang adalah seorang dosen Hukum pada Sekolah Tinggi Ilmu Hukum(STIH) dan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak menerangkan, bahwa tidak sampai di situ saja.

Selain beasiswa yang akan diberikan bagi siswa-siswi berprestasi, pihak BAZNAS juga akan memberikan bantuan dan perhatian khusus bagi Lansia.

“Tujuan dari program pemberdayaan Zakat adalah untuk pengentasan kemiskinan, khususnya bagi para orang tua yang telah lanjut usia, agar mereka dapat melangsungkan kehidupan mereka tanpa khawatir nantinya.

Organisasi BAZNAS sangat peduli dengan program peningkatan kwalitas sumber daya manusia, khususnya bagi mereka yang berlatar belakang ekonomi kurang mampu,” ungkap Muslim.

BAZNAS adalah Badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) pada tingkat Nasional.

Di samping itu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011, tentang Pengelolah Zakat semakin mengkukuhkan peran BAZNAS sebagai Lembaga yang berwenang melakukan pengelolah Zakat secara Nasional dan Lembaga Pemerintah Non Struktural yang bersifat mandiri, serta bertanggung jawab kepada Presiden melalui Mentri Agama.” Terang Muslim menambahkan. (Nando/Michael/Jeffry).

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi