Published On: Mon, Apr 15th, 2019

Jumhur Hidayat Bangunkan Aktivis dan Jaringannya Yang Belum Jatuhkan Pilihan

Share This
Tags

KoranPemberitaanKorupsi.com | Menjelang berakhirnya massa kampanye Ketua Presidium Forum Keterbukaan Informasi Publik Indonesia (Forkip Indonesia) semakin yakin akan kemenangan Pasangan 02. Hal ini ditunjang oleh Aktivis Senior Mohammad Jumhur Hidayat atau sering disebut MJH yang telah deklarasikan diri mendukung 02 yang terlihat di berbagai media online dan sosmed belakangan ini.

Bagi saya, ini bukan sekedar slogan deklarasi semata, lantaran MJH adalah aktivis senior yang memiliki lumbung suara lumayan besar. Hal ini bisa dilihat dari daya juang dan barisan MJH di ajang pemilu 2014 yang kala itu mendukung Jkw-Jk. Lumbung suara ini khususnya yang dibina oleh jaringan aktivis pemberdayaan masyarakat seperti serikat-serikat buruh, termasuk jaringan sopir, kaum miskin kota dan jaringan pedagang kaki lima maupun buruh migran dan keluarganya di seluruh Indonesia.

Dari sisi perlawanan terhadap pemerintah, diamnya MJH selama priode Jokowi berkuasa membuat kekuatan oposisi pendobrak di kalangan aktivis kerakyatan tidak dapat mencapai maksimal. Hal itu juga menurut saya, membuat pemerintah semakin berani keluarkan kebijakan- kebijakan yang tidak pro-rakyat seperti naiknya BBM, listrik, bahan pokok, dan pastinya upah buruh yang tidak berpihak pada kepentingan rakyat.

Jadi jelaslah, bahwa kemunculan MJH adalah adalah sinyal bagi para aktivis gerakan rakyat dan jaringan binaannya untuk tidak ragu-ragu lagi memenangkan Prabowo-Sandi pada 17 April ini. Semoga saja kelak bila terpilih, Parbowo-Sandi sungguh-sungguh bisa membawa aspirasi rakyat yang selama ini juga telah diperjuangkan oleh para aktivis walau dalam skala yang sangat terbatas karena sering berbenturan dengan kekuasaan yang tidak berpihak pada rakyat banyak.

Salam,
Imam Hidayat.
Ketua Presidium Forum Keterbukaan Informasi Indonesia

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi