Published On: Mon, Apr 15th, 2019

HUT Keerom ke-16, Bupati Imbau Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Share This
Tags

KPK | Keerom, Papua – Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Keerom yang ke-16, jumat tanggal 12 April tahun 2019 yang merupakan hari jadinya, digelar acara yang cukup meriah.

Momentum peringatan HUT yang ditandai dengan ibadah pengucapan syukur itu berlangsung di halaman Kantor Bupati Keerom.

Terpantau langsung awak koran pemberitaan korupsi, dari awal pembukaan hingga berakhirnya acara tersebut, semuanya berjalan tertib dan aman.

Acara itu dihadiri oleh Bupati  Muhamad Markum, SH, MH, MM,  Sekda Keerom Drs. Blasius Waluyo Sejati, MM, serta dihadiri oleh Asisten l, Asisten ll dan Asisten lll, dan turut dihadiri pula Wakil Bupati kabupaten Jayapura Giri Widyantoro.

Selain kepala daerah beserta beberapa pucuk pimpinan utama tadi, turut hadir pimpinan OPD, pimpinan lembaga vertikal, perwakilan TNI, POLRI dan anggota DRPD.

Termasuk kepala distrik, kepala kampung, dan sejumlah tokoh adat, tokoh agama, dan masyarakat dari berbagai kalangan yang datang menyaksikan serta ikut meramaikan ultah daerahnya.

Suasana kegembiraan dan sukacita perayaan hari ulang tahun kabupaten Keerom yang ke-16 ini, dalam sambutan bupati Muhammad Markum, dirinya bertolak dari thema perayaan HUT tahun ini. Ada sejumlah catatan dalam penyampaian  bupati.

” Bertolak dari thema; Melalui HUT kabupaten yang ke-16, kita wujudkan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat yang Ramah Lingkungan.

Tujuan utama dari tema yang diusung, adalah sebagai bentuk pola hidup yang sehat, juga sebagai langkah pencegahan terjadinya banjir akibat sampah yang menumpuk.

Masalah lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Untuk itu saya berharap bukan pelaku usaha saja, tapi kita semua yang hidup di atas tanah ini untuk memperhatikan kebersihan lingkungan, mulai dari pekarangan rumah kita sendiri, ” terang kepala daerah mengimbau kepada semua yang hadir, dan secara umum untuk masyarakat kabupaten Keerom.

Lanjut bupati dalam sambutannya, meskipun usia 16 tahun tergolong masih usia remaja yang sedang menanjak dewasa, namun merupakan proses pembentukan kharakter menuju usia yang lebih matang lagi.

” Meskipun demikian, usia remaja bukanlah sebuah halangan bagi kita untuk berbuat dan mencapai hal-hal besar yang dapat mendatangkan banyak manfaat. Hal ini tentu kembali kepada kita semua untuk berbuat yang terbaik bagi kabupaten Keerom yang kita cintai, ” Tutur bupati.

Bupati juga mengimbau kepada seluruh ASN dan semua Lembaga Pemerintah dan Swasta, agar lebih mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Juga patut memperhatikan pelayanan pembangunan yang ramah lingkungan, dengan berbasis kemandirian dan termasuk harus memiliki akhlak yang mulia.

” Momentum perayaan HUT kabupaten Keerom yang ke-16 ini, biarlah menjadi motivasi bagi kita semua. Dan merupakan gambaran keberhasilan dari kerja keras dan upaya kita bersama, untuk membangun kabupaten ini ke arah yang lebih baik lagi. ” Ungkap Markum.

Ada beberapa hal lainnya yang disampaikan bupati kepada semua yang hadir. Baik menyangkut sejumlah capaian yang sudah dilakukan pemerintah kabupaten Keerom, dan yang masih akan terus dikerjakan.

Selain itu, Muhammad Markum juga tegaskan kalau pemda Keerom saat ini sedang berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di Keerom itu sendiri, yaitu dengan langkah-langkah strategis tentunya yang ditempuh.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada bupati Celsius Watae (almarhum), yang mana telah banyak berjasa untuk kabupaten Keerom.

” Saya menyampaikan rasa terima kasih saya yang tulus kepada almarhum bupati Celsius Watae, yang telah banyak berjasa untuk kabupaten Keerom, dan telah meninggalkan kesan-kesan indah untuk kita semua.

Segala jerih payah dan kerja kerasnya biarlah Tuhan yang memperhitungkan semuanya. ” Ujar Markum.

Bupati juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang sudah terlibat aktif dalam menyukseskan HUT kabupaten Keerom yang ke-16 tahun, khususnya kepada seluruh peserta lomba yang sudah mengambil bagian dalam acara ultahnya.

Ucapan terimakasih kepala daerah, juga buat kesatuan TNI dan Polri yang sudah berjasa memelihara keamanan di kabupaten Keerom itu sendiri.

Selanjutnya untuk diketahui, kegiatan lomba yang mengikut-sertakan para Pelajar, Mahasiswa, Pegawai dan Masyarakat, adalah bertujuan untuk menampilkan kreatifitas serta melihat dan mengukur kemampuan dari setiap peserta dalam semua ajang kompetisi yang sudah dilaksanakan.

Pada kesempatan itu di akhir sesi acara yang diisi dengan sejumlah pertunjukan, awak media KPK melakukan jumpa pers bersama Vincensius J. SE, kepala Inspektorat yang dipercayakan sebagai Penanggung Jawab, atau sebagai ketua Panitia untuk Perayaan HUT Kabupaten Keerom yang ke-16.

Dalam keterangannya kepada awak media terkait dengan Perayaan HUT tahun 2019 ini, dirinya menjelaskan betapa luar biasanya antusiasme masyarakat yang terlibat dan ikut ambil bagian dalam lomba-lomba yang diadakan oleh Panitia, dalam rangka selebrasi Ultah kabupaten yang berdiri atau mekar tahun 2012 itu.

” Luar biasanya antusias masyarakat itu seperti yang kita lihat sekarang. Dan di saat ini juga, kita akan menyaksikan penyerahan hadiah kepada peserta yang dinyatakan keluar sebagai pemenang dalam ajang lomba yang kami buat.

Saya pikir ini sesuatu yang luar biasa. Sukacita ini berbeda dengan perayaan-perayaan sebelumnya, dan kita bisa melihat sendiri kalau kabupaten Keerom ada kemajuan yang signifikan.

Ini merupakan suatu pencapaian yang sangat baik, dimana kita sendiri tadi sudah mendengar capaian-capaian dan keberhasilan pembangunan seperti yang disampaikan pak bupati sendiri, juga seperti contoh kita bisa menyaksikan beberapa pertunjukan dari peserta-peserta lomba yang sangat antusias tadi.

Tentunya ke depan kita mengharapkan adanya peningkatan dan kemajuan, dan kita menantikan itu bersama. ” Tandas Vincen.

Disuguhi pertanyaan tentang jenis perlombaan yang diselenggarakan panitia perayaan HUT tersebut, begini kata ketua panitianya.

“Ada beberapa kegiatan lomba yg kami buat seperti; Paduan Suara, Tarik Tambang, Sepeda Santai, dan beberapa cabang olah raga yang diikut-sertakan. Antara lain; Volly, Bulu Tangkis, Tenis Meja,  Lari 10 Ribu Kilo Meter, dan beberapa cabang olah raga Bela Diri.

Intinya kita membina atlit-atlit kita dan mempersiapkan mereka untuk ikut ambil bagian dalam PON XX Tahun 2020 mendatang.

Sebelum ini kami telah melakukan kegiatan pembersihan lingkungan yang kami fokuskan pada; Pasar-pasar, tempat-tempat ibadah, seperti Masjid dan Gereja.

Selain itu juga, ada penarikan kupon berhadiah untuk masyarakat, yang hadiahnya sangat menarik disiapkan bagi mereka yang nomor undiannya disebutkan. Hadiahnya seperti; Sepeda dan juga Uang Tunai. ” Urai ketua panitia.

Dirinya menambahkan bahwa kegiatan perayaan hari ulang tahun kabupaten Keerom ini sendiri, sumber pendanaannya dari Pemerintah Daerah (Pemda). Besarannya disebutkan 300 Juta Rupiah, yang mana telah dipakai untuk mensukseskan kegiatan ulang tahun tersebut.

{ News writer; Nando~Editor and Posted by; Jeffry~Kaperwil/Ano Mahyudi, SH~Pemred }

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi