Published On: Sun, Mar 17th, 2019

Pengadaan Sapi Tahun 2018 Belum Disalurkan, Kadis Peternakan: Tunggu LHP BPK

Share This
Tags

Koranpemberitaankorupsi.com | Aceh Timur – Terkait pengadaan Sapi Bali untuk tiga kelompok penerima di Aceh Timur Tahun anggaran 2018 yang berjumlah 99 ekor hingga kini belum disalurkan oleh Dinas Peternakan Provinsi Aceh. Minggu, 17/3/2019.

Kepala Dinas Peternakan Aceh, Rahmadi,  yang dikonfirmasi media ini mengatakan,  pihaknya masih menunggu Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Rahmadi juga menjelaskan,  menyangkut proyek pembuatan tiga unit Kandang Sapi untuk kelompok yang sama dengan anggaran Rp. 63.000.000, tidak dikerjakan dan dananya tidak direalisasikan.

Seperti diberitakan sebelumnya,  proyek paket  pengadaan ternak sapi bali betina tersebut telah selesai ditender 25 Juni 2018 lalu dari nilai pagu Rp. 1.080.000.000 dipecah menjadi tiga paket dengan nilai perpaket Rp. 360.000.000, untuk 30 ekor sapi betina.

Adapun pemenang tender proyek dan kelompok penerima manfaat bantuan sapi tersebut masing-masing CV. Matang Bungong untuk kelompok Usaha Ternak,  Seuneubok Baro,  Darul Ikhsan.  CV. Multi Karya Baru, untuk kelompok Sumber Tani,  Paya Gajah,  Peureulak Kota dan CV.  Lamjaroe, untuk kelompok Semangat Baro, Seumanah Jaya,  Rantau Peureulak.

Ketua Kelompok Sumber Tani 1, Usman dan Ketua Kelompok Semangat Baro,  M Thayeb mengaku resah dan tidak tenang akibat belum diserahkan sapi tersebut.

” Saya selalu ditanyakan oleh anggota kelompok, kenapa sapi tak kunjung diserahkan,  bahkan sebagian anggota kelompok menuding saya telah menjual sapi tersebut, karena mereka tau sapi sudah ada,  cuma belum diserahkan”  Kata M Thayeb.

Informasi lain yang diperoleh menyebutkan,  20 ekor sapi dari jumlah 99 ekor dikabarkan sudah mati ditempat penampungan di Desa Ie Seu Um, Aceh Besar karena tidak ada yang urus. (Ismail Abda)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi