Published On: Sun, Mar 17th, 2019

Diberikan Tidak Wajar, PPK Peserta Bimtek Tolak Uang Saku

Share This
Tags

KPK | Aceh Timur – Seratusan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Kabupaten Aceh Timur  selama tiga hari dua malam menolak uang saku yang diberikan KIP setempat sebagai Panitia pelaksana. Sabtu,  16/3/19.

Informasi yang diperoleh dari sejumlah peserta menyebutkan,  Uang saku hanya diberikan Rp 100 ribu perpeserta, sehingga menolaknya karena dinilai tidak wajar mengingat kegiatan berlangsung tiga hari dua malam.

Seorang peserta lainnya mengatakan, bimtek tentang pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil suara pemilu 2019 itu digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur di Hotel Royal pada Rabu hingga Jumat, 13-15 Maret 2019.

” Kami meragukan jumlah uang saku yang diberikan panitia, lalu kami sepakat untuk tidak menerima uang saku tersebut “. Kata seorang PPK dengan nada kecewa.

Sumber ini menambahkan, jika anggarannya sedikit, kenapa panitia menggelar bimtek itu di hotel mewah, kenapa tidak di tempat biasa saja agar tidak terkuras anggaran.

Ketua KIP Aceh Timur, Zainal Abidin kepada awak media mengatakan, uang saku bimtek untuk PPK yang disediakan hanya Rp 100 ribu per peserta sesuai dengan anggaran yang tersedia.

“Kami hanya mampu menyediakan uang saku Rp 100 ribu,
Karena peserta juga dapat mengamprah SPPD dimasing-masing kecamatan”. Kata Zainal Abidin.

Zainal merincikan, bahwa PPK yang ikut Bimtek 120 orang dari 24 kecamatan, masing-masing 5 orang setiap kecamatan. Berbeda dengan sebelumnya, yakni dua orang PPK per kecamatan yang diikutkan. (Ismail Abda)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi