Published On: Wed, Mar 13th, 2019

Pemkab Mesuji Fasilitasi Sosialisasi Rencana Penambangan Batubara

Share This
Tags

KPK | Mesuji, Lampung – Pemerintah Daerah Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, mengadakan Sosialilsasi rencana penambangan batu bara di 3 (tiga) Kecamatan Panca Jaya, Mesuji, Tanjung Raya. Acara kegiatan sosialiaasi tersebut di pusatkan di Aula Pemerintah Daerah (pemda) dan di hadiri Oleh, Plt. Bupati, DPRD, OPD, Camat, Kades, dan tamu undangan serta perwakilan tokoh Masyarakat kurang lebih sekitar 50 orang. Selasa, 12/03/2019.

Plt. Bupati Mesuji, H. Saply TH. bahwa Pemerintah Daerah terus berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan Masyarakat.

Demi kesejahteraan Masyarakat, kami anggarkan fasilitas bantuan Hukum bagi Masyarakat yang mengalami masalah dalam proses ganti rugi lahan. Ungkapnya pada saat H. Saply TH. berdialog dengan para hadirin dan perwakilan PT. Nokano Coal Minning dan PT. Indotex Pratama Jaya, di tengah acara kegiatan sosialisasi tersebut.

Fasilitas bantuan Hukum di jamin Pemerintah Kabupaten (pemkab) Mesuji bagi Masyarakat. dan apabila nantinya terjadi permasalahan dalam hal ganti rugi lahan penambangan Batu Bara dengan perusahaan tersebut.

Plt. Bupati, berupaya mewujudkan 70% penyerapan tenaga kerja lokal dalam kegiatan pertambangan tersebut. Guna menjamin penyerapan 70% tenaga kerja lokal, maka perlu adanya MOU antara Perusahaan dengan para Kepala Desa. Harapnya.

Eko (40 Th), Warga Desa Sungai Badak Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji menggatakan sebelumnya Warga Desa Sungai Badak telah menggadakan pertemuan internal bersama Aparatur Desa setempat terkait rencana penambangan batu bara di Desa tersebut.

Kami sudah pernah mengadakan rapat internal tingkat Desa waktu itu, membahas terkait rencana penambangan batu bara di Desa tempatnya dan sebagian Masyarakat menolak keras rencana penambangan batu bara tersebut.

Masalah ganti rugi Jika Masyarakat merasa tidak di rugikan tetapi di untungkan kami tidak masalah dan mungkin menyesutujui rencana penambangan exploitasi batu bara di Desa kami. Tandasnya.

Warga Masyarakat Desa Sungai Badak Kecamatan Mesuji sebagian besar menolak rencana penambangan batu bara. hal ini terungkap dalam sosialisasi rencana kegiatan penambangan batu bara di Kabupaten Mesuji oleh PT. Indotex Pratama Jaya dan PT. Nokano Coal Mining di Aula Pemda kantor bupati.

Menanggapi hal ini, Semenakana selaku perwakilan dari PT. Indotex Pratama Jaya dan PT. Nokano Coal Mining menyampaikan kalau masalah ganti rugi lahan pihaknya akan bernegosiasi langsung kepada Warga Masyarakat selaku Pemilik lahan tanpa perantara.

Untuk ganti rugi kami akan langsung bernegosiasi kepada pemilik lahan dan harganya di atas harga pasaran. kami juga berjanji akan memperkerjakan Warga Masyarakat sekitar sebanyak 70 % persen untuk tenaga kerja. Jelasnya.

Sementara untuk pengenalan dampak lingkungan akibat pertambangan batu bara, Pemerintah Kabupaten Mesuji dan pihak Perusahaan sepakat atas Program Study Banding Perwakilan Masyarakat berkunjung ke Daerah Pertambangan di Kalimantan.

Kami bersepakat menyelenggarakan Program Study Banding Masyarakat berkunjung ke Daerah pertambangan di Kalimantan. Jangan khawatir, ada CSR dari kami untuk Masyarakat dan lingkungan sekitar. ungkapnya Semenakana, selaku perwakilan PT. Nokano Coal Minning.

Sosialisasi ini menyikapi, Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi Batu Bara PT. Nokano Coal Minning dan PT. Indotex Pratama Jaya di sejumlah Wilayah Kecamatan setempat yang di terbitkan Gubernur Lampung atas rekomendasi Bupati Mesuji.

Izin Usaha Pertambangan (IUP) tersebut clean dan clear, sesuai dengan Perda Nomor 06 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Mesuji dan Peraturan yang berlaku. Oleh sebab itu, Semenakana mengharapkan dukungan dari seluruh pihak, semoga seluruh elemen pihak Masyarakat mendukung Program kami. pungkasnya. (tabrani kpk)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi