Published On: Mon, Nov 5th, 2018

Alhamdulillah UMP 2019 Provinsi DKI Hampir Rp 4 Juta

Share This
Tags

KPK | Alhamdulillah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI untuk 2019 mendatang, yaitu Rp 3.940.973,096.

Besaran UMP tersebut ditentukan dan tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 114 Tahun 2018 Tentang Upah Minimum Provinsi Tahun 2019.

“Besaran UMP DKI Jakarta sesuai pergub nomor 114 tahun 2018 adalah sebesar Rp.3.940.973,” terang Pelaksana Tugas Harian (PLH) Gubernur DKI Jakarta Saefullah, di kantor Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/11/18).

Lewat kartu pekerja, Saefullah mengatakan, Pemprov DKI Jakarta akan berupaya meningkatkan kesejahteraan pekerja, khususnya kaum buruh dengan berbagai program penyediaan layanan di dalamnya.

Seperti layanan transportasi gratis dengan naik TransJakarta di 13 koridor, member Jak Grosir, hingga penyediaan pangan dengan harga murah dan bantuan biaya personal pendidikan (KJP Plus) bagi anak pekerja.

Sebagai informasi, sebelumnya serikat pekerja telah mengusulkan peningkatan UMP sebesar Rp.4,3 juta. Dimana, besaran tersebut dirumuskan berdasarkan 8.03 persen dikalikan dengan angka KLH (Kebutuhan Hidup Layak) yang didapat melalui survei ke 15 pasar lewat 60 item kebutuhan sehari-hari.

Setelah itu, nominal tersebut juga ditambahkan kembali dengan 3.6 persen untuk kompensasi BBM. Sedangkan besaran yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Jakarta hanya sekitar Rp.3,9 juta.

Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengambil langkah terkait keputusan tersebut, dimana, keputusan tersebut baru saja di umumkan secara serentak per tanggal 1 November.

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi