Published On: Tue, Sep 25th, 2018

Bupati Khamamik Hadiri Sidang Paripurna di Gedung DPRD Mesuji

Share This
Tags

KPK | Mesuji, Lampung – Pemerintah Kabupaten Mesuji dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) akhirnya menyepakati Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (KUPA-PPASP) 2018.

Kesepakatan itu tertuang dalam nota kesepakatan persetujuan bersama yang ditandatangani Bupati Mesuji Khamami dan Ketua DPRD Kabupaten Mesuji Fuad Amrulloh saat di Ruang Paripurna Gedung DPRD, Wiralaga Mulya, Senin (24/9) dan dihadiri 27 anggota dari keseluruhan 35 anggota yang ada.

Kebijakan yang disepakati tersebut, yaitu Kebijakan Pendapatan Daerah ditetapkan sebesar Rp866,170 miliar lebih atau naik sebesar Rp19,234 miliar lebih. Selanjutnya kebijakan elanja tidak angsung sebesar Rp393,904 miliar lebih atau naik sebesar Rp8,067 miliar lebih.

Sementara kebijakan belanja langsung Rp552,737 miliar lebih atau naik sebesar Rp52,063 miliar lebih.
Bupati Khamami berharap, formulasi KUPA-PPASP tahun 2018 yang telah disetujui bersama dapat menggerakkan sektor riil.

Sehingga pertumbuhan ekonomi dapat tetap terjaga di tengah kondisi ekonomi nasional yang kurang baik serta dengan melihat perubahan indikator mikro ekonomi daerah Kabupaten Mesuji tahun 2018 sebesar 5,4% – 6,1% menjadi 5,2% – 5,6?ngan laju inflasi sebesar 3,5%.

“Program yang tertuang dalam KUPA-PPASP tahun 2018 diharapkan mampu memperbaiki kondisi perekonomian menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Tambahnya, dengan ditandatanganinya nota kesepakatan itu Khamami akan menerbitkan surat edaran perihal pedoman penyusunan Rencana Kerja Anggaran Organisasi Perangkat Daerah (RKA-OPD) yang memuat program dan kegiatan baru, serta kriteria Dokumen Pelaksanaan Anggaran OPD (DPA-OPD) yang dapat diubah untuk dianggarkan dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) sebagai acuan bagi Kepala OPD.

“Inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar untuk penyusunan Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Mesuji 2018 yang akan segera kami sampaikan kepada DPRD Kabupaten Mesuji,” pungkasnya. (TAB)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi