Published On: Fri, Sep 21st, 2018

Benda Purbakala di Lereng Gunung Wilis Kediri

Share This
Tags

KPK | Batubara yang disinyalir merupakan struktur candi,sebuah patirtaan,dan peripah mirip pecahan uang koin di temukan diatas lereng gunung Wilis tepatnya berada diarea hutan KPH Kediri Kelurahan pojok kecamatan Mojoroto.

Kalo dilihat bentuknya bangunan mirip arca tersebut kuat dugaan bahwa tempat itu sebagai tempat berguru ya para suci atau Resi.(tempat untuk membersihkan diri sebelum melakukan kegiatan ritual ibadah.

Untuk sampai di lokasi penemuan benda purbakala tersebut harus menpuh jalan kaki kurang lebih 3 kilometer dilereng kaki gunung Wilis.

“Benda purbakala tersebut diduga kuat peninggalan zaman kerajaan Kediri ” ujar Nur Muhyar (kepala Dinas kebudayaan pariwisata kepemudaan dan olahraga) kota kediri.pihak DIDBUDPORA mendatangkan Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Mojokerto Jawa Timur guna meneliti keaslian benda purbakala tersebut,penelitian sekaligus Esvakasi dan sudah 17 orang dari BPCB sudah datang kelokasi untuk Esvakasi tahap pertama.

Nur Muhyar menghimbau agar masyarakat tidak melakukan banyak kegiatan disana supaya tidak terjadi kerusakan dan pemindahan.”ungkapnya. (Lisa)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi