Published On: Fri, Sep 14th, 2018

Sertivikat Warga Ditolak Pihak Bank Sebagai Agunan

Share This
Tags

KPK | Sulbar – warga masyarakat Desa Lariang resah setelah adanya pernyataan pihak bank menolak agunan sertivikat Lokasi kebun ataupun perumahan yang berada disebagian wilayah desa Lariang kec Tikke raya kab pasangkayu.

“Gusti warga setempat disaat ditemui Jurnalis koran pemberitaan korupsi dengan wajah suram diselimuti rasa kecewa yang sangat dalam menuturkan bahwa beberapa hari yang lalu dia telah datang ke bank untuk konfirmasi mengenai permohonan kredit yang diajukannya dengan agunan lahan kebun miliknya, namun pihak bank rupanya menolak permohonannya dengan alasan bahwa sertivikat yang dijadikan agunan berada dalam areal HGU PT LETAWA, berdasarkan konfirmasi dari pihak BPN pasangkayu.

“Gusti sangat kesal dengan pernyataan tersebut. dia kembali menanyakan pada pihak yang berwenang! kenapa sertivikat atas Lahan saya diterbitkan sertivikat,nya untuk perorangan oleh BPN jika memang terletak dalam areal HGU, bukankah ini ada unsur membenturkan antara masyarakat dengan pihak perusahaan?

Amure, seorang Tokoh masyarakat setempat saat ditemui Beliau menjelaskan,bahwa mereka mendiami sejak TH 1970, wilayah yang dikelaim sekarang sebagai HGU sejak saat itu tidak pernah ada satupun Informasi dari Pemerintah maupun pihak perusahaan yang mengatakan bahwa wilayah yang mereka tempati adalah areal yang dikelaim milik HGU perusahaan manapun.

Saat jurnalis kpk mencoba untuk komunikasi dengan pihak perusahaan melalui orang kepercayaan perusahaan tersebut tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pihak perusahaan untuk koordinasi mengenai kebenaran klaim HGU tersebut.

tak satupun dari pihak yang berkompoten untuk bersedia dimintai keterangan oleh jurnalis kpk terkait masalah tersebut.

Jika benar wilayah tersebut masuk dalam areal HGU dan sah secara Hukum, hendaknya lah pemerintah setempat melakukan mediasi untuk mempertemukan unsur unsur yang dapat memberikan kejelasan serta kepastian Hukum bagi masyarakat.

“demikian Harapan Perwakilan Sulbar, Media pemberitaan Korupsi. (A maskirang)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi