Published On: Wed, Sep 12th, 2018

Kirab Suroan 1440 Hijriah di Kediri

Share This
Tags

KPK | Kediri – Warga Kediri sambut tahun baru 1 Muharam 1440 Hijriah atau SUROAN dengan melakukan rutinitas ritual tahunan yaitu ziarah ke tempat moksa raja Kediri “Sri Aji Jayabaya”.

Upacara rutin setiap 1 Muharam tersebut (suroan) dimulai dengan melakukan kirab pusaka peninggalan raja Kediri yaitu tombak kiai Bimo dan diakhiri dengan tabur bunga yang dilakukan 16 anak perempuan.

Kirab pusaka tombak kiai Bimo tersebut dimulai dari balai desa Menang kecamatan pagu menuju tempat pamoksaan Sri Aji Jayabaya dengan menggunakan pakaian adat Jawa. Sesampainya ditempat pamoksaan peserta kirab berdoa memohon keselamatan dan senada dengan tahun politik masyarakat berdoa semoga pemilihan yang akan datang mampu melahirkan pemimpin dan wakil rakyat yang lebih baik lagi dan amanah.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan mendatangi tempat bersuci raja sebelum moksa, yaitu Sendang Tirta Kemendau.
Raja Kediri (Jayabaya) dikenang Masyarakat bukan hanya karena ramalannya “Jangka Jayabaya” tapi beliau benar-benar sosok raja yang Arif Dan bijaksana. Suroan ini bukan hanya kegiatan rutin untuk mengenang dan menghormati Sri Jayabaya, tapi juga sebuah bentuk kegiatan budaya yang perlu dilestarikan. (Lisa Dewi)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi