Published On: Mon, Sep 10th, 2018

Mengedepankan Kebutuhan Warga Desa Banjar Wangi Giatkan Pembagunan DD 2018

Share This
Tags

KoranPemberitaanKorupsi.com | Kotabumi – pemerintah saat ini berkomitmen untuk membangun Indonesia dari pinggiran, diantaranya dengan meningkatkan pembangunan di desa melalui program Dana Desa.

Program ini bukan hanya yang pertama di Indonesia, namun juga yang pertama dan terbesar di seluruh dunia.
Dana desa ini dialokasikan guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi desa dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa dalam segala aspeknya, sesuai dengan kewenangan yang dimilki.

Dana Desa ini dianggarkan setiap tahun dalam APBN yang diberikan pada setiap desa sebagai salah satu sumber pendapatan desa. Kebijakan ini sekaligus mengintegrasikan dan mengoptimalkan seluruh skema pengalokasian anggaran dari Pemerintah pada desa yang selama ini sudah ada.

tak ubah nya Dana Desa (DD) tahun 2018 didesa Banjar Wangi, yang mana sudah terserap 60% dari anggaran yang di kucurkan pemerintah pusat. “kini telah di alokasikan diberbagai bidang pembagunan yaitu.” pembagunan jalan Onderlah sepanjang 670 meter terletak didusun 1. pembagunan jalan Onderlah sepanjang 199 meter terletak didusun 3 bedeng semen. sumur bor 1 unit terletak didusun 2 kalipasir. pembagunan gorong-gorong didusun 1 ada 2 titik, dusun 2 ada 2 titik, dusun 3 ada 1 titik, dusun 4 ada 1 titik. gelobal pembagunan gorong-gorong yang ada 6 titik yang menyebar didesa Banjar Wangi.

pembagunan Tempat Penahan Tanah (TPT) sepanjang 18 meter, pembagunan Drenase sepanjang 283 meter terletak didusun 2 kalipasir, Drenase sepanjang 515 meter terletak didusun 3 bedeng semen, Drenase sepanjang 591 meter terletak didusun 4 sidorejo.

Pembagunan MKC terletak didusun 3 bedeng semen 1 unit. pembagunan badan jalan sepanjang 670 meter terletak didusun 1 banjar wangi, pembagunan badan jalan sepanjang 199 meter terletak didusun 3 bedeng semen.

Lamrik (52) saya selaku warga peribumi desa banjar wangi, sangat terimaksih atas banyak nya kemajuan ditempat saya tingal ini selain dari banyak nya pembagunan ditempat ini. “warga pula bisa ikut kerja langsung dalam pembagunan yang ada selain dapat uang tambahan kami pula mendapat pembagunan mas, ujar nya.

tambah nya, saya peribadi merasa banga terhadap kepala desa kami sudah bisa memperkerjakan kami langsung pasti nya kami kerja sebaik mungkin mas, ini pula demi kepentingan kami yang mengunakan seperti jalan, siring itu, tutur Lamrik.

Slah satu warga saat dikompir masi terpisah, Herudin (45) semua pembagunan yang ada setau saya itu melalui musawarah warga dan diadakan rapat didesa pak, semua pembagunan yang ada ini hasil dari rapat warga, bukan nya keinginan kepala desa atau pemerintah, ini kepentingan pak mana yang lebih diperlukan warga sipat nya itu yang didahulukan pembagunan nya. “dalam pembagunan pula yang membagun iya warga kita disini rata pekerja nya, meski kita hitungan nya harian 80-100 ribu perhari.” tapi kami bekerja semaksimal mungkin supaya bagus pak ibarat nya kami membagun ruamah kami sendiri iya semaksimal mungkin harus kuat dan rapih pak. “kami warga sangat terimaksih dengan ada nya Dana Desa (DD) ini yang telah diperogramkan oleh perisiden kita bapak Ir. H. Joko Widodo, ujar nya.(HS/RM)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi