Published On: Thu, Aug 9th, 2018

Sosialisasi Peraturan Ormas dan Sistem Informasi Ormas

Share This
Tags

Bertempat di hotel Mutiara pasangkayu hari ini dilaksanakan kegiatan sosialisasi tentang peraturan Ormas dan sistem Informasi organisasi kemasyarakatan. acara ini dibuka oleh Staf bidang Ormas dan politik Kesbangpol mewakili kepala Badan kesbangpol kabupaten pasangkayu.

kegiatan ini dihadiri Wakil bupati pasangkayu Muh Saal bersama Kapolres yang diwakili oleh Kasat Intel dan Kejaksaan Negeri pasangkayu yang diwakili oleh Kasi Intel kejaksaan. wakil bupati pasangkayu dalam sambutannya mengatakan pentingnya bagi seluruh ormas di daerah ini untuk senantiasa menjaga segala kemungkinan hal hal yang dapat menimbulkan disintegrasi bangsa serta selalu waspada masuknya faham Radikalisme didaerah ini.

pemateri dari Polres menjelaskan secara detail alasan terbitnya perpu tentang ormas. “keadaan darurat yang dapat mengancam kedaulatan Negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan undang undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, antara lain kegiatan ormas tertentu yang telah melakukan tindakan permusuhan antara lain,” ucapannya.

pernyataan sikap atau aspirasi baik secara lisan maupun tertulis melalui media eletronik ataupun tidak memakai media eletronik yang menimbulkan kebencian baik terhadap kelompok tertentu maupun mereka yang termasuk kedalam penyelenggara Negara. Tindakan tersebut merupakan tindakan potensial menimbulkan konflik sosial antara anggota masyarakat sehingga dapat mengakibatkan chaos yang sulit untuk dicegah dan diatasi aparat penegak Hukum.

Dan pemateri dari Kejaksaan Menjelaskan alasan terbitnya Perpu ormas, bahwa maksud dan tujuan peraturan pemerintah pengganti undang undang ini adalah untuk membedakan dan sekaligus melindungi ormas yang mematuhi dan konsisten dengan asas dan tujuan ormas berdasarkan Pancasila dan undang undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Ormas yang nyata nyata bertentangan dengan Pancasila dan undang undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Peraturan pemerintah pengganti undang undang ini telah memisahkan kedua golongan ormas tersebut dan disertai dengan jenis sanksi dan penerapannya yang luar biasa.

Ayyub Ali, staf bidang ormas dan politik kesbangpol pasangkayu dalam sambutan penutupan mengharapkan agar semua Ormas yang ada didaerah ini agar segera melengkapi semua syarat yang diperlukan untuk kelengkapan sebuah Ormas.

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi