Published On: Wed, Aug 8th, 2018

KPU Lamsel: 10 Bacaleg Gagal Tarung di Pileg 2019

Share This
Tags

KoranPemberitaanKorupsi.com | Tidak kurang dari 10 bakal calon legislatif (bacaleg) di Lampung Selatan dipastikan gagal bertarung di ajang Pileg 2019. Alasannya, berkas mereka dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Ada 10 caleg yang TMS setelah kita melakukan verifikasi atas perbaikan yang disampaikan parpol untuk para calegnya. Persyaratan yang tidak memenuhi syarat itu macam-macam. Ada yang fotokopi ijazahnya tidak dilegalisir, ada yang tidak ada SKCK, dan lainnya yang tidak memenui syarat,” ujar Ketua KPU Lampung Selatan M Abdul Hafidz, Selasa, (7/8/18).

Hafidz memastikan bacaleg yang tidak memenuhi syarat akan dicoret dan tidak akan masuk dalam daftar calon sementara (DCS). Para bacaleg yang tidak memenuhi syarat tersebut ada berasal dari lima parpol.

Menurut Hafidz, nantinya caleg yang sudah masuk DCS akan mengikuti uji publik sebelum masuk DCT. Sementara caleg yang masuk DCS tapi mengundurkan diri tidak bisa diganti.

”Tapi, khusus untuk caleg perempuan, jika pada dapil bersangkutan syarat 30 persen keterwakilan perempuan tidak terpenuhi, bisa diganti. Namun, jika syarat 30 persen keterwakilan tetap terpenuhi, caleg yang mengundurkan diri tidak bisa diganti,” terangnya.

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi