Published On: Tue, Jul 31st, 2018

Bambang Sumantri Resmi Dilantik Jadi Ketua Apdesi Tuba

Share This
Tags

Tulang bawang lampung, KPK – Bupati Tulangbawang Winarti menghadiri pengukuhan Bambang Sumantri menjadi Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi). Dia dikuhkan oleh Ketua Apdesi Lampung Suhardi Buyung di kediamannya, Senin (30/7/2018).

“Apdesi merupakan organisasi perangkat desa yang bertujuan mempersatukan seluruh perangkat desa guna menumbuh kembangkan tingkat perekonomian masyarakat lokal yang bertujuan memajukan seluruh desa. Ketua yang baru harus mencari berbagai terobosan sebagai upaya berbuat untuk kemajuan,” kata bupati.

Para perangkat desa merupakan ujung tombak pemerintah membantu menyampaikan berbagai program pembangunan baik yang telah terealisasi maupun sedang dalam perencanaan.

Peran serta kepala kampung (Kakam) dalam berbagai program pembangunan sangat penting bagi Pemkab Tulangbawang. Tanpa mereka semua belum tentu terlaksana maksimal, karena para pamong itu adalah perwakilan masyarakat yang lebih faham apa yang menjadi kebutuhan di masing-masing kampungnya.

Diharapkan seluruh kakam yang tergabung dalam Apdesi kompak melaksanakan kebijakan pembangunan pemkab. “Dan ingat , pembangunan menggunakan Dana Desa (DD) harus sesuai regulasi dan peraturan berlaku. Coba buktikan dengan pemerintah jika kalian mampu menjadi yang terbaik,” pinta bupati.

Sementara itu, Bambang Sumantri memastikan akan mengedepankan aturan dalam menjalankan program pembangunan dari DD. Hal tersebut sebagai wujud menjaga marwah Apdesi agar para anggota terhindar dari berbagai persoalan-persoalan yang bisa dijerat hukum.

“Sejak digulirkan DD, banyak timbul hal negatif. Bahkan ada oknum-oknum di luar Tulangbawang terjerat hukum. Alhamdulillah di tempat kita tidak ada. Semua berjalan sesuai aturan. Kami sangat berhati-hati dalam pengunaanya DD. Peruntukan kami musyawarah dan mufakatkan dengan masyarakat. Apa yang menjadi harapan masyarakat itu kami prioritaskan,” paparnya.

Oleh sebab itu dihimbau agar seluruh anggota Apdesi intens melakukan lintas kumunikasi dan koordinasi baik antara sesama maupun dengan jajaran pemkab. Tidak semua pembangunan bisa dilaksanakan dengan anggaran DD.

Artinya, jika ada kekurangan dalam pembangunan maka diminta bantuan pemkab. Mustahil pemkab tidak merealisasikan apa yang kita pinta. Saya yakin selama dipimpin Bu Hj Winarti apapun pembangunan yang diinginkan oleh masyarakat pasti dikabulkannya,” pungkasnya.

Turut hadir anggota DPRD Hermansyah TB, Ketua Megow Pak Abdurachman Sarbini dan seluruh aparatur kampung dari 15 kecamatan se-Tulangbawang.(tab)

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi