Published On: Wed, Mar 21st, 2018

Yuk Bantu yang Sakit dengan JKN-KIS

Sebagai orang yang selalu terlihat gagah dan berstamina, Ketua Dewan Pembina Lembaga Bantuan Hukum Anarki Nusantara 56 Rosidi Roslan ternyata mempunyai rahasia. Pria yang selalu aktif di berbagai organisasi ini pun mengajak masyarakat untuk terus menjaga pola hidup sehat.

Dalam setiap kesempatan, Rosidi, yang merupakan sosok ayah dari 4 (empat) orang anak ini tampak segar dan berstamina. Ternyata, tampilannya yang tampak “wah” tersebut memiliki rahasia.

Rahasianya tersebut dibeberkan oleh Rosidi agar masyarakat Indonesia lainnya juga bisa tampil wah seperti dirinya. Untuk tetap berstamina, ternyata Rosidi selalu menjaga pola hidup sehat dan diet teratur.

Semua itu dilakukannya dengan tidak terlepas dari dukungan istri tercinta yang merupakan seorang ahli gizi terkenal, Rita Ramayulis. Selain itu, Rosidi juga dalam hal menjaga berat tubuh dengan rutin berolahraga.

“Alhamdulillah, saya selalu menjaga pola hidup sehat dan berolahraga dengan dukungan dari istri tercinta serta anak-anak saya,” ujar Rosidi yang pernah menempuh pendidikan di Master of Public Health Leadership Southern Cross University (SCU), Australia.

Karena menurutnya, kesehatan itu sangat penting dan mahal harganya bahkan tidak ternilai. Faktanya, tidak sedikit orang yang rela membayar mahal agar bisa terus hidup dalam keadaan sehat.

“Saya telah berkeliling ke berbagai kota di Indonesia dan melihat banyak masyarakat yang antusias untuk menjalani pola hidup sehat. Tentunya hidup sehat ini tetap harus diimbangi dengan memiliki jaminan kesehatan bagi kita karena tidak ada yang tahu bagaimana nasib kita di kemudian hari,” tutur Rosidi.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tersebut, tambah Rosidi, pertama kita harus mengatur pola makan kita. Jangan terlalu banyak makan-makanan yang memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi. Makanan yang terlalu banyak menggunakan asin juga tidak baik untuk tubuh. Selain makanan, kita juga harus rutin melakukan aktivitas fisik untuk membakar lemak dalam tubuh. Aktivitas fisik yang dilakukan bisa mulai dari jogging jarak pendek hingga posisi plank yang bisa dilakukan dimana saja termasuk tempat kita bekerja,” terang Rosidi.

Selain pola makan, aktivitas fisik, hal yang terakhir juga harus memiliki jaminan kesehatan untuk diri sendiri. Tidak ketika sakit baru memiliki jaminan kesehatan tersebut, namun jauh sebelumnya seseorang sudah memiliki karena sakit itu tidak ada yang tahu kapan akan datang ke diri kita.

Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan salah satu Program Pemerintah Indonesia yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan Program JKN-KIS ini tidak hanya masyarakat mampu yang memiliki jaminan kesehatan tetapi masyarakat yang kurang mampu juga bisa mendapatkan jaminan kesehatan bagi dirinya dan keluarga.

“Kita patut mengapresiasi itikad baik negara yang memberikan kemudahan bagi masyarakatnya dalam memiliki jaminan kesehatan dari Program JKN-KIS. Sudah sepatutnya kita berpartisipasi dan juga rutin membayar iurannya agar dana yang terkumpul dapat disalurkan kepada masyarakat lainnya yang membutuhkan perawatan kesehatan. Sudah sepatutnya yang sehat membantu yang sakit,” tutup Rosidi.

About the Author

Harian Nasional Koran Pemberitaan Korupsi